Sabtu, 17 Desember 2016

Tugas Satpam Secara Umum

1.       Tugas Pokok Satpam (Satuan Pengamanan) :
Tugas Pokok Satpam / Satuan Pengamanan adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/kawasan kerja khususnya pengamanan fisik (physical security).
2.       Fungsi Satpam (Satuan Pengamanan) :
Fungsi Satpam / Satuan Pengamanan adalah segala usaha dan kegiatan melindungi dan mengamankan lingkungan/kawasan kerjanya dari setiap gangguan keamanan dan ketertiban serta pelanggaran hukum (umumnya preventif).
3.       Peranan Satpam (Satuan Pengamanan) :
Dalam pelaksanaan tugasnya, anggota Satpam / Satuan Pengamanan berperan sebagai Unsur Pembantu Pimpinan institusi/proyek/badan usaha dibidang keamanan dan ketertiban lingkungan kerja.
   Unsur Pembantu Kepolisian Negara di bidang penegakan hukum dan waspada keamanan (security minded) di lingkungan kerjanya.
Tugas Satpam Perbankan
Tugas dan tanggung jawab seorang satpam bank pada umumnya tidak jauh berbeda dengan satpam yang bekerja di tempat yang lain. Akan tetapi sebenarnya tugas dan tanggung jawab satpam bank cukup besar dan mengandung resiko yang cukup tinggi.Bank adalah tempat dimana orang menyimpan uang, mengambil uang serta menyimpan benda berharga lainnya, sehingga kerawanan akan tindakan kriminal seperti pencurian dan perampokan cukup tinggi. Jika anda membaca atau melihat berita, maka peristiwa kriminal yang terjadi di bank dan wilayah sekitar bank merupakan hal yang paling sering terjadi.
Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab satpam yang bekerja di bank :
a)        Mengawasi seluruh wilayah Bank mulai dari radius lokasi bank sampai dengan pintu masuk dan ruangan dalam bank;
b)       Membuka pintu, menyambut dan memberi salam dengan ramah setiap nasabah yang akan masuk ke dalam bank;
c)       Memeriksa bawaan nasabah jika mencurigakan atau sikap dan tindak-tanduk nasabah mencurigakan;
d)      Menanyakan keperluan nasabah dan memberikan nomor antrian kepada nasabah sesuai dengan keperluan nasabah;
e)      Memberikan petunjuk dan arahan dengan baik jika ada nasabah yang memerlukan pertanyaan dan informasi;
f)        Memperhatikan seluruh kegiatan di dalam dan di luar bank, segera sigap bertindak jika ada sesuatu yang mencurigakan;
g)       Melakukan tindakan yang cepat dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan nasabah dan pegawai bank jika ada kejadian yang menjurus ke arah kriminal;

Tugas Customer service
Dapat dilihat dari definisi diatas tugas seorang customer service yang paling utama adalah berkaitan dengan pelayanan terhadap pelanggan:
1. Menjadi garda depan perusahaannya
   bekerja sesuai visi, misi dan budaya perusahaan
2. Dapat menjadi problem solving bagi pelanggan
3. Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman,sehingga dapat menimbulkan loyalitas pelanggan terhadap produk bahkan perusahaan. Untuk beberapa perusahaan seperti bank misalnya, customer service juga memiliki tugas untuk secara tidak langsung meningkatkan penjualan atau menjual produknya.

Lalu bagaimana dengan kriteria menjadi seorang Customer Service yang baik:
1)      Seorang Customer Service harus dapat mencerminkan perusahaan yang diwakilinya, baik dalam segi penampilan, berbicara dan berprilaku
2)      Seorang Customer Service sebaiknya memiliki pengetahuan luas, baik tentang perusahaannya (seperti bergerak dibidang apa, memiliki produk seperti apa, perusahaan-perusahaan atau produk-produk yang mendukung perusahaan atau produk-produk yang diwakilinya), perusahaan atau produk-produk saingan
3)       Sehingga dapat menjadi Problem solving yang baik
4)      Customer Service yang baik harus cepat dan tanggap terhadap keinginan dan permasalahan pelanggan
5)      Customer Service yang baik harus dapat memberikan pelayanan yang baik, dan membuat pelanggan yang nyaman

Untuk beberapa Perusahaan yang memiliki kriteria lain untuk seorang customer service, harus memiliki keterampilan penjualan produk
Tips dan Trik menjadi Customer Service
1)      Selalu layani Customer  dengan tulus, karena layanan yang tulus akan sangat dirasakan oleh customer agar dia merasa nyaman
2)      langkah awal mungkin dapat berikan senyum yang tulus dalam melayani atau berhadapan dengan customer
3)      kesampingkan semua masalah di luar pekerjaan karena akan mempengaruhi penampilan dan pekerjaan
4)      Berpakaian selalu rapih, bersih dan wangi (jangan terlalu menyengat, gunakan parfum yang lembut)
5)      Bagi wanita, gunakan Full make up tanpa harus menor
6)      Kendalikan selalu emosi kita, agar dapat selalu berpikir jernih, jangan terpancing dengan pelanggan yang sedang marah, anggaplah bahwa sebenarnya pelanggan yang sedang marah tidak tahu permasalahan yang dihadapi dan pahami bahwa sebenarnya dia kecewa dan bingung
7)      Dengarkan keluhan pelanggan agar kita dapat cepat tanggap terhadap permasalaha
Tugas CS dalam industri umum dan di bidang perbankan pada dasarnya adalah sama.

BY : Arifresil


0 komentar:

Posting Komentar

BUTUH INFORMASI

Hubungi :

Pengunjung

Popular Posts

Berita Terkini