Beberapa orang
masih banyak yang kebingungan dan tidak tahu sama sekali cara menulis surat
lamaran kerja yang baik itu bagaimana. Terutama bagi yang baru lulus SMA
ataupun SMK ajaran tahun ini. Jika Anda termasuk salah satunya, Anda tidak usah
gelisah karena kali ini saya akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang
baik dan benar.
Sebelum melihat
contohnya alangkah baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu cara penulisan surat
lamaran kerja yang benar. Berikut ini adalah beberapa susunan penulisan surat
lamaran kerja yang benar:
-
Menggunakan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
-
Jujur, singkat, padat, informatif
dan tepat sasaran.
-
Beri tanda tangan pada surat lamaran
kerja Anda.
-
Surat lamaran kerja harus bersih dan
rapi.
-
Jika dimintakan gunakan penulisan tangan
pada surat lamaran Anda.
Selain
surat lamaran kerja, CV juga menjadi salah satu bagian penting yang disertakan
dalam surat lamaran pekerjaan. CV adalah singkatan dari curriculum vitae yang
dalam bahasa indonesia disebut juga daftar riwayat hidup. Dalam beberapa iklan
lowongan pekerjaan biasanya sering hanya ditulis dengan CV lamaran kerja yang artinya
calon karyawan harus mengirim surat lamaran kerja beserta curriculum vitae
(CV).
CV atau Curriculum Vitae adalah surat kelengkapan yang disertakan dalam bentuk lampiran ketika anda mengirim surat lamaran kerja, maka dari itu contoh CV berikut ini sangat erat kaitannya dengan surat lamaran kerja. Fungsi utama dari curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah untuk memberikan informasi secara detail data pribadi, apakah itu latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, spesifikasi kemampuan dan lain-lain yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi manajer / direktur perusahaan untuk menerima anda sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Membuat curriculum vitae bisa ditulis dengan bahasa indonesia atau bahasa inggris sesui dengan perusahaan tempat dimana anda melamar pekerjaan.
Sebagai referensi, dibawah ini kami telah menyiapkan contoh surat lamaran kerja yang disertai dengan contoh Curriculum Vitae (CV). Silahkan anda copy paste lalu modifikasi sesui kebutuhan anda.
CV atau Curriculum Vitae adalah surat kelengkapan yang disertakan dalam bentuk lampiran ketika anda mengirim surat lamaran kerja, maka dari itu contoh CV berikut ini sangat erat kaitannya dengan surat lamaran kerja. Fungsi utama dari curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah untuk memberikan informasi secara detail data pribadi, apakah itu latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, spesifikasi kemampuan dan lain-lain yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi manajer / direktur perusahaan untuk menerima anda sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Membuat curriculum vitae bisa ditulis dengan bahasa indonesia atau bahasa inggris sesui dengan perusahaan tempat dimana anda melamar pekerjaan.
Sebagai referensi, dibawah ini kami telah menyiapkan contoh surat lamaran kerja yang disertai dengan contoh Curriculum Vitae (CV). Silahkan anda copy paste lalu modifikasi sesui kebutuhan anda.
============================================================
Surat
Lamaran Kerja
Ampana, 01 Januari 2015
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Bank Perkreditan Rakyat Palu Lokadana Utama
Di Tempat
PT. Bank Perkreditan Rakyat Palu Lokadana Utama
Di Tempat
Dengan hormat,
Sesuai
dengan pengembangan dan kemajuan perusahaan Perbankan, saya yakin di perlukan
banyak tenaga ahli dan profesional untuk menunjang kelangsungannya. Sehubungan
dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) sebagai salah
satu staff operasional /tenaga counter/tenaga lainnya untuk bergabung.
Data singkat saya, seperti berikut
ini.
Nama Lengkap : Moh.
Arif Masulili, S.E.
Tempat & Tgl Lahir : Kolami 15 Nopember 1987
Pendidikan Akhir : Strata Satu (S1) Ekonomi, Konsentrasi Keuangan Perbankan
Tempat & Tgl Lahir : Kolami 15 Nopember 1987
Pendidikan Akhir : Strata Satu (S1) Ekonomi, Konsentrasi Keuangan Perbankan
Alamat : Jln. Moh. Hatta No. 10, Kel. Ampana, Kec.
Ampana Kota, Touna.
Telepon/HP : 081 212 691 6xx / 0461 22288
Telepon/HP : 081 212 691 6xx / 0461 22288
E-mail
: arif.masulili@gmail.com
Status Perkawinan : Menikah
Status Perkawinan : Menikah
Saya
memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris pasif
secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan
serta memiliki kemampuan manajemen yang baik. Saya telah terbiasa bekerja
dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office,
seperti Excel, Word, PowerPoint, juga internet, maupun surat-menyurat. Sebagai
bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah Strata Satu (S1)
Legalisir
3. Foto copy sertifikat
kursus/pelatihan
4. Foto Copy KTP
5. Pas foto terbaru.
Saya
berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan
wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang
potensi diri saya.
Demikian
surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat
saya,
Moh.
Arif Masulili, S.E.
============================================================
Daftar
Riwayat Hidup
Data Pribadi
Nama Lengkap : Moh. Arif Masulili, S.E.
Jenis kelamin : Laki-Laki
Tempat, tanggal lahir : Kolami, 15 Nopember 1987
Jenis kelamin : Laki-Laki
Tempat, tanggal lahir : Kolami, 15 Nopember 1987
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status perkawinan : Menikah
Kesehatan : Sangat Baik
Alamat Lengkap : Jln. Moh. Hatta No. 10, Kel. Ampana, Kec. Ampana Kota,
Kewarganegaraan : Indonesia
Status perkawinan : Menikah
Kesehatan : Sangat Baik
Alamat Lengkap : Jln. Moh. Hatta No. 10, Kel. Ampana, Kec. Ampana Kota,
Kab.
Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah
Telepon / HP : 081 212 691 6xx / 0461 22288
E-mail : arif.masulili@gmail.com
Telepon / HP : 081 212 691 6xx / 0461 22288
E-mail : arif.masulili@gmail.com
Pendidikan Formal
Jenjang
|
Nama Sekolah
|
Tempat/Kota
|
Tahun
|
Tahun
|
Pendidkan
|
Masuk
|
Lulus
|
||
SD
|
SDN Inpres Dolong A
|
Kolami
|
1994
|
2000
|
SMP
|
SLTP Negeri 1 Pagimana
|
Pagimana
|
2000
|
2003
|
SMA
|
Madrasah Aliyah
Alkhairaat
|
Ampana
|
2003
|
2006
|
S1
|
Uiversitas Alkhairaat
(UNISA)
|
Palu
|
2006
|
2011
|
Pendidikan Non Formal
Kursus /
|
Lembaga Penyelenggara
|
Tempat/
Kota
|
Durasi
|
Tahun
|
Training
|
Kegiatan
|
Kegiatan
|
||
Kaderisasi GPII
|
GPII
|
Jakarta
|
1 Mingg
|
2008
|
Sanitasi & Water Cleaning
|
Dinkes Kota Palu
|
Palu
|
3 Hari
|
2009
|
Leadership & Management
|
Fekon UNISA
|
Palu
|
1 Mingg
|
2009
|
Kursus Komputer
|
ABITEK
|
Palu
|
3 Bulan
|
2010
|
Basic Management Training
|
HMI
|
Palu
|
1 Mingg
|
2010
|
Introduction Job description
|
PT. Astra Indonesia
|
Palu
|
3 Hari
|
2011
|
Riwayat Pekerjaan
-
PT.
Asuransi Jiwasraya Persero (Jan 2010 s/d Des 2010) sebagai Agent Asuransi, yang memberikan penawaran terhadap berbagai jenis Polis Asuransi baik personal maupun kolektif, Deposito Berjangka Berasuransi & Saham Reksadana Berasuransi.
-
PT.
Bank Perkreditan Rakyat Palu Lokadana Utama (Feb 2012 s/d sekarang) sebagai staff administrasi yang sudah memiliki pengalaman di semua bagian, seperti Staff CS Kredit & Tabungan, Staff Teller, Staff Adm.Kredit & Tagihan maupun Akunting. Grade Jabatan saat ini sudah pada Grade Level 4 (Senior Staff) dengan pengalaman kerja diatas 3 Tahun.
Demikian riwayat hidup
ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Hormat
saya,
0 komentar:
Posting Komentar