- Product diversity
menunjukkan jumlah dan keanekaragaman
product families yang ditawarkan. dalam hal ini semakin banyak produk
yang dihasilkan, maka semakin cocok menggunakan analisis ABC(activities
based costing). hal ini dikarenakan jika semakin banyak beragam produk
yang dihasilkan akan berakibat semakin beragam pula aktivitasnya
sehingga semakin tinggi pula tingkat distorsi cost.
- Support diversity
menunjukkan jumlah dan keanekaragaman
aktivitas yang mengakibatkan tingginya pengeluaran overhead cost. hal
tersebut menyebabkan kesulitan dalam pengalokasian biaya overhead. jadi,
semakin banyak jumlah dan keanekaragaman aktivitas maka semakin cocok
menggunakan analisis ABC (activities based costing).
- Common processes
menunjukkan tinggi rendahnya tingkat
kegiatan yang dilakukan secara bersama untuk menghasilkan produk-produk
tertentu sehingga biaya periode masing-masing produk sulit dipisahkan.
Kegiatan bersama tersebut misalnya kegiatan manufacturing, engineering,
marketing, distribution, accounting, material handling dan sebagainya.
banyaknya departemen yang diperlukandalam menjalankan operasi perusahaan
akan menyebabkan banyaknya common cost. hal itu berdampak pada sulitnya
alokasi cost per produk. jadi, semakin tinggi tingkat common processes
maka semakin cocok menggunakan analisis ABC(activities based costing).
- Period cost allocation
menunjukkan kemampuan sistem akuntansi
biaya yang ada mengalokasikan biaya periode secara akurat. biaya periode
merupakan biaya uang diidentifikasi dengan interval waktu tertentu
karena tidak diperlukan untuk memperoleh barang atau produk yang akan
dijual. untuk dapat memperkecil biaya produk maka lebih disarankan biaya
agar biaya periode menjadi proporsi yang paling besar dalam produk.
perusahaan yang telah menerapkan hal tersebut maka cocok untuk
menggunakan analisis ABC (activities based costing)
- Rate of growth of period costs
menunjukkan tingkat kecepatan pertumbuhan
biaya periode sepanjang tahun. perusahaan yang memiliki tingkat
pertumbuhan period cost yang pesat akan akan sulit untuk mengalokasikan
cost, dan sehingga tingkat kemungkinan untuk terjadinya distorsi biaya
menjadi tinggi. maka perusahaan yang memiliki tingkat pertumbuhan biaya
periode yang pesat, cocok dalam penggunaan analisis ABC (activities
based costing).
- Pricing freedom
menunjukkan tingkat independensi
perusahaan dalam menentukan harga sehingga menghasilkan product
profitability. perusahaan yang memiliki ketidakbebasan dalam menentukan
harga biasanya disebabkan adanya persaingan dengan kompetitor dalam
pasar. persaingan tersebut berdampak pada penentuan cost yang tepat bagi
perusahaan. maka perusahaan yang tidak memiliki tingkat independensi
untuk menentukan harga maka perusahaan tersebut cocok dengan menggunakan
analisis ABC(activities based costing).
- Period expense ratio
menunjukkan kemungkinan terjadinya
distorsi biaya produk secara material. ini berkaitan dengan seberapa
tingkat pengaruh penurunan ataupun kenaikan biaya dengan proporsi laba.
jika laba perusahaan tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan maka
perusahaan cocok menggunakan analisis ABC (activities based costing)
- Strategic considerations
menunjukkan seberapa penting informasi
biaya dimanfaatkan dalam proses pengambilan keputusan manajemen.
keputusan yang diambil oleh manajemen berkaitan dengan strategi yang
diterapkan oleh perusahaan, tidak hanya terbatas pada strategi
pemasaran. sehingga semakin penting informasi biaya dalam pengambilan
keputusan maka perusahaan cocok menggunakan analisis ABC(activities
based costing).
- Cost reduction effort
menggambarkan seberapa penting akurasi
pelaporan alokasi biaya periode untuk pengambilan keputusan internal
manajemen. adanya keakuratan pelaporan alokasi biaya periode juga
berkaitan dengan evaluasi bagi internal manajemen. pihak manajemen dapat
menggunakan informasi yang disajikan dalam laporan tersebut untuk
membuat kebijakan yang lebih tepat pada kemudian hari. jadi semakin
tinggi tingkat kepentingan akurasi maka semakin cocok menggunakan
analisis ABC(activities based costing).
- Analysis of frequency
menunjukkan tinggi rendahnya
kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis biaya pada produk.
banyak kegiatan berkaitan dengan frekuensi kebutuhan informasi biaya.
semakin tinggi tingkat frekuensinya maka tingkat keakuratan alokasi
biaya pun juga semakin dibutuhkan. maka semakin tinggi tingkat
frekuensinya, perusahaan semakin cocok menggunakan analisis
ABC(activities based costing).
0 komentar:
Posting Komentar